Sabtu, 25 April 2015

RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN PADA EKOSISTEM SAWAH

RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN PADA EKOSISTEM SAWAH
A.Rantai makanan
 

Penjelasan :      
Semua rantai makanan dimulai dari tumbuhan berklorofil contohnya pada gambar diatas terdapat rantai makan pada ekosistem sawah dimana padi merupakan tumbuhan berklorofil dan  berperan sebagai produsen. Dari padi  terjadi perpindahan energi  ke konsumen tingkat 1 sehingga padi dimakan oleh belalang yang merupakan konsumen tingkat 1 dan merupakan hewan herbivore sehingga energy padiberpindah ke belalang, belalang dimakan oleh katak yang merupakan konsumen tingkat 2 yang merupakan karnivora energy belalang berpindah ke katak, selanjutnya katak dimakan ular yang merupakan konsumen tingkat 3 yang merupakan karnivora, energy katak berpindah ke ular, dan setelah ular tersebut mati, ular akan diuraikan oleh decomposer  contohnya jamur, setelah tidak ada lagi yang diuraikan jamur akan mati dan tumbuh tumbuhan baru.




B.   Jaring-jaring makanan
 
Penjelasan:
            Dari rantai makanan yang hanya menggunakan 1 organisme dari setiap tingkat, namun ada yang banyak organisme pada setiap tingkatan yaitu jaring jaring makanan. Pada gambar diatas terlihat padi sebagai produsen, setelah itu  belalang dan ulat,tikus,dan, merupakan konsumen tingkat 1, sedangkan ayam, tikus, dan burung pemakan biji merupakan konsumen tingkat 2, dan burung pemakan serangga merupakan konsumen tingkat 3, ular merupakan konsumen tingkat 4, serta elang merupakan konsumen tingkat 5. Pada peristiwa jring-jaring makanan ditas terlihat padi dimakan oleh ayam,belalang,ulat,tikus, dan burung pemakan biji. Ayam dimakan oleh ular dan elang, belalang dimakan oleh ayam dan burung pemakan serangga, ulat dimakan ayam dan burung pemakan serangga, tikus dimakan ular dan elang, burung pemakan serangga dimakan ular dan elang. Ular dimakan elang, dan terakhir elang diuraikan oleh decomposer.


LAPORAN KELOMPOK BIOLOGI
RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN DI EKOSISTEM SAWAH
AFNAN
NANDA TRI UTAMA
THIYA AMELIA
(X IPA 1 ALKINDI)



                      
Terimakasih atas bantuan dari segala pihak dan terimakasih kepada para pembaca.

jangan lupa kunjungi teguh's blog umum klik disini

jangan lupa kunjungi facebook saya klik disini

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus